Selasa, 18 Oktober 2011

Gunakan Kekuatan Anda dan Delegasikan Hal Lainnya


3. Gunakan Kekuatan Anda dan Delegasikan Hal Lainnya
Dalam sebuah bisnis, apakah Anda pernah menemui seorang pemilik bisnis merangkap menjadi sales, produksi, customer service, reception/penerima telpon, administrasi, kasir dan office boy? Tentu tidak pernah bukan. Memang jika sebuah bisnis baru dimulai, biasanya pemilik bisnis pasti merangkap posisi lain, tetapi tentu tidak semua posisi dirangkap, dia biasa ada orang lain yang membantun ya.

Tetapi yang seringkali terjadi dalam sebuah bisnis online, saya sering melihat pemilik bisnis yang seringkali berusaha merangkap menjadi web developer (yang membuat website), webmaster (yang memelihara website), disainer (yan g mendisain website), customer support (yang menerima order dan melayani pelanggan), technical support (kalau ada gangguan teknis), content writer ( yang mengisi content), administrasi (yang mengurus pembayaran dari pelanggan dan refund), produksi dan pengiriman. Bisa Anda bayan gkan? Atau Anda sedang melakukan hal tersebut?


Mencoba melakukan semua hal diatas sendirian adalah salah satu sebab mengapa banyak orang yang memulai bisnis online gagal. Semisal Anda bukan orang dengan pengalaman membuat website, tetapi Anda mau membuat website sendiri. Untuk mahir mendisain website atau memprogram/coding website membutuhkan waktu untuk belajar. Umumnya learning curve/kurva pembelajaran yang terjadi cukup
lama, berbulan-bulanpun belum tentu mahir. Karena terlalu lama utak atik buat website, aspek terpenting dari bisnis online yaitu product creatio n/membuat produk dan strategi pemasaran jadi terlantar atau kurang diperhatikan. Hal ini menyebabkan upaya Anda belum mendatangkan hasil. Tidak ada hasil membuat semangat Anda mulai luntur dan akhirnya patah semangat.

Mindset seorang internet entrepreneur yang sukses adalah mengetahui di aspek apa kekuatan yang dia miliki dan mendelegasikan aspek lainn ya. Misalkan Anda memiliki kekuatan dalam mendatangkan trafik/visitor ke website Anda men ggunakan SEO (Search Engine Optimization) maka fokuslah pad a kekuatan Anda tersebut dan delegasikan semua aspek lainnya seperti membuat website, customer support, produksi, administrasi dan aspek lainnya. Delegasi ke siapa? Nanti saya bahas beberapa
alternatif yang ada. Sia-sia waktu dan boros energi jika Anda berusaha memperbaiki atau mengurangi kelemahan Anda. Saat Anda fokus menggunakan kekuatan Anda, tidak saja hasilnya akan lebih baik, tetapi Anda juga menikmati pekerjaan Anda. Bukankah itu yang kita mau? Hasil yang lebih baik dan kita lebih enjoy d an fun dalam melakukan pekerjaan kita.

Jadi kuncinya adalah mengetahui apa kekuatan Anda. Sesuatu aspek yang Anda mahir dan Anda senang dalam melakukannya. Jika selama ini Anda suka menulis dan jago dalam hal menjelaskan sesuatu dalam bentuk tulisan, mungkin Anda sebaikn ya fokus ke Content Writing atau mengisi content (teks, gambar, video) di website Anda. Jika selama ini Anda suka melakukan aspek promosi, ada baiknya jika Anda fokus ke aspek promosi website Anda melalui berbagai media promosi. Jika selama ini Anda adalah jiwa yang kreatif yang selalu muncul ide-ide produk baru, mungkin sebaikn ya Anda fokus untuk menciptakan produk dan mendelegasikan aspek buat website d an promosi ke orang lain.


Tidak selalu yang akan menjadi kekuatan Anda adalah sesuatu yang telah Anda kuasai. Contohnya PPC (Pay Per Click) Advertising adalah sesuatu cara promosi yang relatif baru. Jika Anda cukup tertarik dengan advertising dan senang menganalisa data/angka, maka Anda bisa mencoba belajar PPC dan mungkin saja itu menjadi kekuatan Anda. Seperti Amit Mehta, dia seorang top pebisnis online yang mempunyai kekuatan di hal PPC Advertising, income bulanan mencapai US$ 100.000 per bulan!.
Semua aspek lain (buat website, isi content, disain dan lain-lain) di delegasikan semua. Dia bahkan tidak mengerti cara membuat blog wordpress.

Jadi pada intinya, Anda perlu men gevaluasi diri Anda sendiri untuk menemukan apa kekuatan Anda. Kadang-kadang Anda memang perlu mencoba berbagai aspek di bisnis online agar tahu mana yang Anda senangi d an bisa menjadi kekuatan Anda. Saya tidak pernah menemui seorang pebisnis online yang sukses yang jago di semua hal. Umumn ya mereka jago di 1-2 hal dan mendelegasikan hal lainnya ke oran g lain

Pertan yaan Anda mun gkin, kepada siapa kita bisa mendelegasikan tugas-tugas tertentu di bisnis online? Alternatifn ya banyak tetapi pada intinya Anda bisa mendelegasikan ke karyawan Anda atau mendelegasikan/outsource ke pihak ketiga yang fokus ke suatu aspek tertentu. Jika suatu aspek bisnis perlu dikerjakan secara rutin seperti aspek administrasi, customer service atau produksi, mungkin ada baiknya Anda merekrut kar yawan. Tetapi jika suatu aspek bisnis online bersifat perlu dikerjakan sekali saja seperti mendisain atau membuat website, maka lebih cocok Anda mencari tim outsource/pihak
ketiga yan g sudah biasa menangani pembuatan website. Biaya lebih murah dibanding memiliki karyawan sendiri.

Saya pribadi tidak mahir dalam aspek disain dan saya tidak berusaha untuk mahir di bidang itu. Aspek disain adalah suatu aspek yang selalu saya delegasikan ke orang lain. Saya bisa menghabiskan waktu 3 jam untuk membuat sebuah banner dengan hasil tidak bagus dan membuat saya frustasi, atau saya bisa bayar Rp 100.000 ke disainer yang bisa membuat banner yang saya inginkan dalam waktu kurang dari 30 menit. Saya selalu memilih cara yang kedua.

Anda mungkin bilan g p ada saya, “Lho itu kan kalau ada budget untuk bayarin orang. Kalau tidak ada uang untuk b ayarin disainer bagaimana?” Saran saya selalu, berpikir kreatif dan dapatkan uangnya dari berbagai sumber. Anda bisa sisihkan sedikit dari gaji Anda. Anda bisa ambil dari tabungan Anda. Anda bisa kerja lembur. Anda bisa cari pekerjaan tambahan sementara. Anda bisa kurangi makan di luar atau kalau perlu makan mie instant seminggu. Anda bisa jual sepeda Anda. Pokoknya cari cara agar Anda punya uan gn ya untuk membayar orang yang jago di bidang mereka. Itulah cara yang benar, bukan malah berusaha belajar u ntuk jago di aspek yan g sudah jelas merupakan kelemahan Anda. Itu mengh abiskan waktu dan energi.


Bagaimana cara merekrut tim outsource, manajemen dan cara delegasi yang efektif sehin gga proses delegasi dan outsourcing bisa sukses adalah sesuatu materi sendiri yang sangat luas penjelasannya dan sulit bisa saya masukk an dalam penjelasan pada materi e-course ini.

Jadi sekali lagi, untuk membangun bisnis online yang sukses, Anda p erlu focus mengerjakan hal/aspek yang menjadi kekuatan Anda. Lalu belajarlah untuk mendelegasikan hal/aspek lainnya kepada karyawan/pihak ke-3 yang sudah mahir di bidang itu. Itulah rahasia mindset/cara berpikir dari internet entrepreneur yang sukses.

Baca selanjutnya  4. Konsisten dan Pantang Menyerah
E-Course Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 Hari                                              Halaman 12
Hak Cipta © 2008 oleh BelajarBisnisInternet.com                                       v1.1 - September 2008 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar