Selasa, 18 Oktober 2011

Fokus Pada Model Bisnis yang Anda Pilih


2. Fokus Pada Model Bisnis yang Anda Pilih
Tidak fokus adalah salah satu penyebab kegagalan bagi ban yak orang yang sedang membangun bisnis internet. Saat Anda bisa mengatasi tantangan ini, bisnis Anda akan maju jauh lebih cepat. Jadi tidaklah heran jika Anda akan menemukan mindset seorang Internet Entrepreneur yang sukses adalah mereka fokus pada model bisnisnya.

Mengapa fokus menjadi tantangan bagi banyak orang yang memulai bisnis online?


Siklus umum yang terjadi adalah saat Anda mulai belajar mengenai internet marketing atau memulai bisnis online/internet, Anda merasa belum tahu apa-apa sehingga merasa perlu ban yak belajar. Ya, tentu saja Anda siap untuk belajar apapun untuk bisa menghasilkan income puluhan bahkan ratusan juta dari internet, bukan? Dan mulailah perjalanan anda.

Anda browsin g intern et dan Anda semangat saat mengetahui ada orang bisa menghasilkan puluhan juta dari menjual ebook. Anda beli ebook yang mengajarkan bagaimana cara menjual ebook. Anda semangat, Anda mulai mencari topik ebook lalu mulai menulis beberapa halaman. Tetapi Anda merasa wah nulis ebook ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan.

Anda mulai browsing lagi di internet dan mengetahui ada orang menghasilkan ratusan juta hanya dari pasang AdSense (iklan Google) di websitenya. Wah Anda pikir luar biasa, gak usah susah-susah, cuma pasang AdSense bisa dapat puluhan hingga ratusan juta? Anda mulai membuat website AdSense yang pertama. Anda tunggu beberapa hari, mengapa tidak ada orang yang meng-klik AdSense di website Anda ya? Anda buat website AdSense yang kedua. Nasibnya sama juga, tidak ada yang meng-klik iklan google yang Anda pasang di website Anda. Anda mulai frustasi dan mulai mencari-cari cara lain untuk menghasilkan uang dari internet.

Anda baca dari sebuah forum bahwa si X dari blognya bisa menghasilkan US$ 30.000 per bulan! Anda kunjungi blog si X d an Anda banyak melihat si X han ya menulis perjalanannya ke China, makan di restoran mana dan hal-hal sepele lainnya di blognya. Anda merasa wah itu gampang sekali. Anda mulai menulis di blog Anda, memasang iklan-iklan banner seperti yang Anda lih at di blognya si X. Setelah 1-2 bulan menulis di blog Anda, income yang Anda impikan tidak kunjung tiba dan hanya tinggal impian
saja.

Anda mulai agak frustasi dengan nasib bisnis internet yang mau Anda rintis. Tiba-tiba Anda melihat iklan di koran ada seminar SEO (Search Engine Optimization). Hadir di seminar itu menyakinkan Anda bahwa kunci sukses di bisnis online adalah masuk ke top 10 atau halaman pertama dari Google untuk kata kunci/keyword yang Anda inginkan. Anda mulai belajar SEO dan mencoba untuk mengoptimasi website Anda agar muncul di halaman pertama di google. Setelah 2minggu Anda mencoba, tidak ban yak visitor yang datang berkunjung ke website Anda. Sekarang Anda benar-benar frustasi!

Dalam masa frustasi itu, Anda melihat promosi sebuah course dari seseorang yang memberikan bukti bahwa dia berhasil memperoleh penghasilan Rp 1 Milyar lebih dalam 8 bulan melalui List Building atau membuat daftar nama dan email dari pengunjung website. Anda melihat sedikit harapan, lalu Anda membeli course tersebut dan mempelajarin ya. Anda membuat website dan membuat form opt-in nama dan email. Tapi setelah 1 bulan, hanya ada 5 orang yang subscribe/opt-in ke list Anda. Anda kecewa dengan hasil seperti ini.

Pada saat ini, Anda sudah tidak tahu apa yang harus dilakukan. Sudah banyak waktu dan uang yang keluar untuk belajar, tetapi tidak ada hasil yang didapat. Anda mulai capek dan bosan dengan siklus 'ilmu baru' atau ada 'tools baru' yang menjanjikan hasil cepat tetapi setelah dicoba tidak seperti yang dijanjikan. Anda heran, f rustasi dan stress melihat orang lain bisa menghasilkan dari bisnis online, tetapi Anda tidak bisa. Anda mulai berpikir jangan-jangan Anda tidak cocok dengan bisnis online.

Apakah Anda pernah mengalami kondisi dan situasi yang diceritakan diatas? Atau Anda sekarang sedang mengalamin ya? Ayo jujur saja, pasti pernah. Men gapa saya tahu? Itu karena saya juga pernah mengalaminya. Banyak pebisnis online yang sukses, pada satu masa pernah mengalami masa-masa frustasi seperti diatas.

Kasus-kasus yang saya ceritakan diatas adalah kasus n yata yang terjadi pada ribuan atau bahkan puluhan ribu orang yang mencoba membangun bisnis internet. Mereka tidak fokus pada arah yang ingin dituju atau dalam hal bisnis online adalah model bisnis yang ingin ditekuni.

Bayangkan jika Anda mencoba membakar sebuah kertas dengan sinar matahari
dan sebuah kaca pembesar yang Anda goyan g- goyangkan terus. Apakah kertas akan terbakar? Tentu saja tidak.

Tapi coba Anda diamkan 1-2 menit saja, sinar matahari akan fokus ke satu titik di kertas dan tidak lama kertas akan terbakar. Jadi tools/alat bantu/informasi yang luar biasa akan percuma jika Anda tidak menggunakannya dengan fokus.


Setiap bisnis perlu waktu untuk membangunn ya hingga dapat menghasilkan. Membangun bisnis membutuhkan waktu. Ada waktu yan g dibutuhkan untuk proses belajar, proses memperbaiki kesalahan yang dilakukan, proses menghadapi kegagalan dan lain-lain. Seiring dengan pengalaman dan jam terbang, Anda semakin mengerti bisnis Anda dan membuatnya menjadi unggul dibanding pesaing lainnya. Jadi kesabaran adalah hal penting dalam membangun bisnis.


Mencoba banyak model bisnis hanya akan memb erikan Anda perspektif yang luas mengenai cara kerja berbagai model bisnis di internet. Tetapi tidak akan memberikan Anda cukup waktu untuk menjalani proses membangun bisnis yang sukses.

Bayangkan jika Anda awalnya ingin berangkat ke Bali, dalam perjalanan, Anda diberitahu seseorang bahwa Jogjak arta lebih bagus dan Anda merubah arah Anda ke Jogjakarta. Tiba-tiba dalam perjalanan ke Jogja, Anda membaca sebuah artikel bahwa Bandung udara dingin dan pemandangan alam bagus, Anda merubah arah ke Bandung. Belum sampai disana, Anda membaca ada pameran mobil yang bagus di Jakarta dan Anda merubah arah lagi. Dan tiba-tiba Anda heran, mengapa setelah 1 bulan, Anda
belum sampai kemana-mana!

Itulah yang akan Anda alami di bisnis online/internet jika Anda tidak fokus ke model bisnis yang ingin Anda tekuni. Segala macam peluan g dan model bisnis baru akan terus bermunculan dan Anda akan ketarik ke segala arah sampai akhirnya Anda sadar bahwa setelah sekian lama Anda belum mencapai tujuan Anda

Seorang internet entrepreneur yang sukses setelah melihat berbagai model bisnis yang ada, akan menentukan satu fokus model bisnis yang ingin ditekuni. Entah itu content advertising seperti memasang iklan di website, melakukan affiliate marketing/memasarkan produk orang lain atau menjual produk sendiri. Di intern et ada puluhan atau bahkan ratusan cara orang menghasilkan uang. Anda cukup tentukan satu dan fokuslah kesana.


Pada materi e-course hari ke 2, Anda akan dijelaskan beberapa macam model bisnis yang populer di internet. Gunakan waktu 2-3 hari untuk mempelajari berbagai macam model bisnis yang populer di internet tersebut, lalu tentukan apa yang akan menjadi fokus Anda. Setelah Anda menentukan pilihan Anda, pelajari HANYA informasi atau tools yang akan menunjang fokus Anda. Jangan hiraukan segala macam informasi/tools yang tidak berkaitan dengan fokus Anda. Pelajari han ya informasi/tools yang menunjang fokus Anda

Hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Dalam proses membangun bisnis internet, sangatlah mudah tergoda untuk merubah fokus saat Anda mendengar cerita sukses baru yang dilakukan seseorang untuk mendap atkan penghasilan ratusan juta dalam waktu sekejab. Anda akan tergoda dan seringkali berpikir siapa tahu cara mereka lebih cepat menghasilkan daripada cara yang kupilih. Ingat:
FOKUS. Melihat berbagai macam model bisnis perlu Anda lakukan saat proses memilih di awal. Tetapi setelah memilih, Anda perlu FOKUS ke model bisnis yang Anda pilih sampai Anda berhasil dan ingin memulai bisnis baru lagi.

Jadi pelajari baik-baik materi hari ke 2 Ecourse mengenai model-model bisnis yang populer di bisnis
internet. Lalu pilihlah fokus Anda

Untuk belajar fokus, saya menyarankan Anda belajar dari kuda. Lho? Kuda diberi kacamata agar hanya bisa melihat ke depan, tidak menoleh sana sini yang membuat dia tidak sampai tujuan. Saat Anda sudah memilih model bisnis dan membuat rencana tindakan yang jelas, Anda harus belajar untuk fokus mengerjakannya sampai selesai.Hanya dengan begitulah, Anda dapat mulai melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk membawa kemajuan pada bisnis internet Anda. Itulah mindset dari
Internet Entrepreneur yang sukses

Lanjut 3. Gunakan Kekuatan Anda dan Delegasikan Hal Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar