Sabtu, 22 Oktober 2011

Memilih Model Bisnis Terbaik Buat Anda


Memilih Model Bisnis Terbaik Buat Anda

(bagian ke-1)
Oleh : SUKARTO

Setelah belajar memiliki mindset/cara berpikir dari Internet Entrepreneur yang Sukses di materi hari pertama, di materi hari kedua ini Anda akan dijelaskan berbagai model bisnis yang populer di internet. Sebenarn ya peluang dan cara menghasilkan uang di internet adalah tidak terbatas. Setiap saat selalu ada suatu model/cara baru menghasilkan uang di internet. Informasi ini bisa berarti kabar baik, juga bisa berarti kabar tidak baik. Kenapa?

Menjadi kabar baik karena itu berarti peluang sukses setiap orang di bisnis internet sangatlah besar. Jumlah peluang/cara untuk menghasilkan uang di internet begitu banyak sehingga setiap orang yang baru memulai bisnis di internet, akan selalu dapat menemukan peluang yang akan menjadi jalann ya mencapai kesuksesan. Kue di bisnis internet sangatlah besar, cukup dibagi untuk semua pebisnis di seluruh dunia. Menjadi kabar tidak baik karena ju mlah peluang begitu banyak, akhirnya seringkali orang yang baru memulai akan kebingungan cara/peluang mana yang ingin dikerjakan?


Saya termasuk tipe orang yang suka makan, jadi saya beri ilustrasi saja dalam hal makanan agar Anda mengerti siklus yang dihadapi hampir semua orang yang baru memulai bisnis di internet. Misalkan suatu ketika Anda dalam kondisi lapar lalu disodori 100 macam masakan sekaligus yang disusun di meja yang sangat panjang. Persyaratannya adalah Anda hanya boleh mengambil 2 masakan saja, terus mana yang akan Anda pilih dari 100 macam masakan? Tentu Anda mulai bingung bukan?

Umumnya cara berpikir banyak orang adalah karena harus memilih 2 macam dari 100 macam masakan, mereka biasanya berusaha untuk melihat satu persatu dari 100 macam masakan yang ada, lalu berusaha memilih 2 macam masakan yan g paling menarik buat mereka. Tetapi saat pelan-pelan melihat satu per satu masakan, ternyata semua masakan menarik. Semua adalah masakan favorit Anda.
Wah Anda mulai bertambah bingung, Anda semula sudah men gambil masakan pertama yang Anda mau, tapi saat melihat lebih jauh, eh ada yang lebih menarik, Anda lalu mengembalikan masakan pertama yang sudah Anda pilih tadi lalu mengambil yang Anda lihat lebih menarik tadi

Melihat lebih jauh lagi, eh ada yang lebih menarik , Anda batalkan dan kembalikan lagi masakan yang Anda pilih sebelumnya. Sambil jalan, Anda terpikir wah sebenarn ya yang tadi Anda kembalikan/batalkan tadi sebenarn ya sudah pilihan yang bagus, Anda mundur lagi untuk mengambilnya. Sambil terus berjalan melihat satu per satu dari 100 macam masakan, Anda sibuk membandingkan antara setiap masakan, Anda semakin bingung, sampai akhirnya setelah 1 jam, Anda belum makan, cuma sibuk memilih 2 macam dari 100 macam masakan

Itulah kurang lebih yang terjadi di mayoritas banyak orang yang memulai bisnis di internet. Begitu banyak peluang yang menarik di internet. Setiap cara/peluang menjanjikan pendapatan puluhan bahkan ratusan juta. Anda ingin mengerjakan semuanya, tapi tentu keterbatasan waktu dan resources lain membuat Anda harus memilih.

Dan seperti yang pernah saya ceritakan di materi sebelumnya di mindset
Fokus Pada Model Bisnis yang Anda Pilih, banyak orang yang baru mulai biasa mencoba dari satu model bisnis ke model bisnis lain hanya berdasarkan mana yang paling mudah dan paling cepat yang bisa menghasilkan uang paling banyak. Semua orang juga mau yang seperti itu bukan? he..he

Itu pen yebab utama banyak orang berpindah dari satu model bisnis ke model bisnis lain. Mereka mencoba AdSense setelah melihat si Shoemoney menunjukkan cek AdSense dari Google US$ 500.000, lalu berubah mencoba menghasilkan uang dari blogging setelah melihat pendapatan John Chow yang mengh asilkan lebih dari US$ 30.000 per bulan, lalu mereka berpindah melakukan PPC (Pay Per Click)
Marketing setelah melihat Amit Mehta menghasilkan lebih dari US$ 100.000 per bulan dengan menggun akan Google Adwords

Setelah itu mereka berpindah lagi mencoba membuat Membership Site setelah melihat seseorang bisa mengh asilkan pasif inco me lebih dari US$ 50.000 per bulan. Lalu perhatian mereka berpindah ke seseorang yan g berhasil menghasilkan lebih dari US$ 2000 per hari, Anda tidak salah baca, itu per hari, bukan per bulan sehingga menghasilkan hampir US$ 1 juta dollar (Rp 9 Milyar)dalam 15 bulan dengan list building/membangun list

Trus mereka berpindah lagi mencoba menjual ebook/produk informasi setelah melihat seseorang dari Warrior Forum bisa menghasilkan US$ 2000 per minggu dari menjual pro duk informasi yang tidak dibuatnya sendiri. Wah tidak perlu membuat produk sendiri bisa menghasilkan uang seperti itu? Luar biasa bukan!

Cerita kesuksesan seperti ini tidak ada habisnya di internet. Itu menunjukkan bukti bahwa memang orang bisa menghasilkan uang begitu banyak dari bisnis di internet. Tetapi memilih model bisnis hanya berdasarkan mana yang bisa menghasilkan uang paling banyak dalam tempo sesingkat-singkatnya adalah cara yan g keliru dalam memilih bisnis

Bayangkan di bisnis konvensional, misalkan ada seseorang yang baru mau memulai membuat pabrik. Ini akan menjadi pabrik pertamanya. Mau buat pabrik apa? Pilihannya banyak, buat pabrik sepatu atau pabrik garmen/pakaian atau pabrik plastik atau pabrik produk elektronik atau pabrik furniture atau pabrik keramik atau pabrik baja atau pabrik semen atau pabrik mainan anak-anak atau lainnya. Daftar ini tidak terbatas panjangnya

Menurut Anda, apakah oran g tersebut akan memilih membuat pabrik apa berdasarkan mana yang paling mudah menghasilkan uan g palin g banyak atau berdasarkan kriteria lain? Coba pikir baik-baik. Saya yakin orang tersebut akan memilih membuat pabrik apa yang mau dibuat selain berdasarkan faktor prospek bisnis, juga mempertimbangkan fak tor minat atau pen getahuan atau pengalaman yang dimilikinya. Atau kalau tidak, ada oran g yang dia kenal yang mengetahui seluk beluk pabrik yang mau dibuat. Faktor terakhir inilah yang akan memperbesar kemungkinannya untuk berhasil


Demikian juga haln ya dalam memilih model bisnis di internet, kita perlu memilih model bisnis yang mempunyai prospek bagus, tetapi yang lebih penting adalah memilih bisnis internet yang sesuai dengan minat atau pengetahuan atau pengalaman Anda. Inilah cara yang benar dalam memilih bisnis di internet. Faktor terakhir ini selain sangat pentin g d alam memilih model bisnis, juga penting dalam memilih niche/ceruk pasar ataupun memilih produk/jasa yan g mau Anda pasarkan.

Setiap pribadi adalah unik sehingga cara setiap orang mencapai kesuksesan juga unik. Si A bisa mengh asilkan ratusan juta den gan model bisnis yang dia lakukan, tetapi tidak berarti Anda pasti juga cocok dengan cara tersebut. Sebaliknya bila si A gagal dalam membangun bisnis dengan cara X, tidak berarti Anda juga pasti akan gagal dalam membangun dengan cara X. Itu sebabnya saya memberi judul materi hari kedua ini adalah Memilih Model Bisnis yang Terbaik Buat Anda. Yang terbaik buat si A, tidak berarti terbaik buat Anda. Yang terbaik buat Anda belum tentu terbaik bagi semua orang. Setiap orang harus mencari yang terbaik bagi dirinya. Jadi ini bukanlah tentang menemukan model bisnis yang terbaik tetapi menemukan model bisnis terbaik bagi Anda

Kesimpulan ini saya dapat setelah menjalani proses coba-coba yang saya lakukan hingga menemukan model bisnis yang cocok dengan saya serta setelah melihat banyak top internet entrepreneur yang sukses. Cara mereka atau model bisnis yan g mereka lakukan sangat beragam. Jadi memang setiap orang harus mencari yang terbaik bagi dirinya

Untuk dapat memilih model bisnis yang terbaik b uat Anda, Anda tentu harus tahu pilihan yang ada apa saja. Itu sebabnya di materi e-course hari kedua ini, saya akan menjelaskan berbagai model bisnis yang populer di internet. Saat Anda baca satu per satu, Anda merenung apakah Anda cocok atau tidak dengan model bisnis tersebut. Apakah Anda memiliki kekuatan dan minat untuk terjun ke model bisnis tersebut. Misalkan model bisnis tersebut butuh sering menulis (seperti blogging atau membuat ebook), apakah Anda suka menulis dan membaca? Kalau Anda sama sekali tidak suka menulis, akan sulit bagi Anda untuk memilih model bisnis tersebut. Kecu ali Anda mempun yai modal untuk membayar orang lain yang pintar menulis untuk melakukannya

Informasi seperti ini tidak pernah saya dapatkan sewaktu saya mulai berbisnis di internet. Sehingga saya cukup banyak menghabiskan waktu untuk mencoba-coba model bisnis yang ada. Saya menyampaikan informasi penting ini kepada Anda, agar Anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan saya dan banyak orang lainnya. Ketahui kekuatan dan kelemahan Anda dan carilah model bisnis yang cocok dengan kekuatan Anda

Setelah mengetahui beberapa model bisnis yang populer, Anda d apat melakukan riset dan explore model bisnis lain di internet. Ada begitu banyak model bisnis di internet sehingga hampir tidak mungkin menjelaskan semuanya di materi e-course ini.

Untuk menemukan yang terbaik buat Anda, Anda akan perlu mencoba melakukan beberapa model bisnis, baru akhirnya dapat menentukan mana yang terbaik buat Anda. Tetapi paling tidak dengan mengenal kekuatan dan kelemahan diri Anda, serta aktifitas yang dilakukan di setiap model bisnis,

Anda sudah bisa mem-filter atau menyaring model bisnis yang tidak cocok dengan Anda sejak awal. Anda tidak sampai membuang waktu dan energi untuk belajar dan melaku kan model bisnis yang tidak cocok dengan Anda sejak awal

Sebelum saya menjelaskan berbagai model-model bisnis yang populer di internet, ada baiknya Anda mengetahui kategori besar dari model bisnis yang ada di internet terlebih dahulu.


E-Course Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 Hari   Hak Cipta © 2008 oleh BelajarBisnisInternet.com     Halaman 6                                 

Selanjutnya Lima Kategori Model Bisnis di Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar