Memilih Model Bisnis Terbaik Buat Anda
(bagian ke-1)
Oleh : SUKARTO
Setelah belajar memiliki mindset/cara berpikir dari Internet
Entrepreneur yang Sukses di materi hari pertama, di materi hari kedua ini Anda
akan dijelaskan berbagai model bisnis yang populer di internet. Sebenarn ya peluang dan cara
menghasilkan uang di internet adalah tidak terbatas. Setiap saat selalu
ada suatu model/cara baru menghasilkan uang di internet. Informasi ini bisa
berarti kabar baik, juga bisa berarti kabar tidak baik. Kenapa?
Menjadi kabar baik karena itu berarti peluang sukses setiap
orang di bisnis internet sangatlah besar. Jumlah peluang/cara untuk menghasilkan
uang di internet begitu banyak sehingga setiap orang yang baru memulai bisnis
di internet, akan selalu dapat menemukan peluang yang akan menjadi jalann ya mencapai
kesuksesan. Kue di bisnis internet sangatlah besar, cukup dibagi untuk semua
pebisnis di seluruh dunia. Menjadi kabar tidak baik karena ju mlah peluang
begitu banyak, akhirnya seringkali orang yang baru memulai akan kebingungan
cara/peluang mana yang ingin dikerjakan?
Saya termasuk tipe orang yang suka makan, jadi saya beri
ilustrasi saja dalam hal makanan agar Anda mengerti siklus yang dihadapi hampir
semua orang yang baru memulai bisnis di internet. Misalkan suatu ketika Anda
dalam kondisi lapar lalu disodori 100 macam masakan sekaligus yang disusun di meja
yang sangat panjang. Persyaratannya adalah Anda hanya boleh mengambil 2 masakan
saja, terus mana yang akan Anda pilih dari 100 macam masakan? Tentu Anda mulai
bingung bukan?
Umumnya cara berpikir banyak orang adalah
karena harus memilih 2 macam dari 100 macam masakan, mereka biasanya berusaha
untuk melihat satu persatu dari 100 macam masakan yang ada, lalu
berusaha memilih 2 macam masakan yan g paling menarik buat mereka. Tetapi saat
pelan-pelan melihat satu per satu masakan, ternyata semua masakan
menarik. Semua adalah masakan favorit Anda.
Wah Anda mulai bertambah bingung, Anda
semula sudah men gambil masakan pertama yang Anda mau, tapi saat melihat
lebih jauh, eh ada yang lebih menarik, Anda lalu mengembalikan masakan pertama
yang sudah Anda pilih tadi lalu mengambil yang Anda lihat lebih menarik tadi
Melihat lebih jauh lagi, eh ada yang lebih menarik , Anda
batalkan dan kembalikan lagi masakan yang Anda pilih sebelumnya. Sambil jalan,
Anda terpikir wah sebenarn ya yang tadi Anda kembalikan/batalkan tadi sebenarn
ya sudah pilihan yang bagus, Anda mundur lagi untuk mengambilnya. Sambil terus
berjalan melihat satu per satu dari 100 macam masakan, Anda sibuk membandingkan
antara setiap masakan, Anda semakin bingung, sampai akhirnya setelah 1 jam,
Anda belum makan, cuma sibuk memilih 2 macam dari 100 macam masakan
Itulah kurang lebih yang terjadi di mayoritas banyak orang
yang memulai bisnis di internet. Begitu banyak peluang yang menarik di
internet. Setiap cara/peluang menjanjikan pendapatan puluhan bahkan ratusan
juta. Anda ingin mengerjakan semuanya, tapi tentu keterbatasan waktu dan
resources lain membuat Anda harus memilih.
Dan seperti yang pernah saya ceritakan di materi sebelumnya
di mindset
Fokus Pada Model Bisnis yang Anda Pilih, banyak orang yang
baru mulai biasa mencoba dari satu model bisnis ke model bisnis lain hanya
berdasarkan mana yang paling mudah dan paling cepat yang bisa menghasilkan uang
paling banyak. Semua orang juga mau yang seperti itu bukan? he..he
Itu pen yebab utama banyak orang berpindah dari satu model
bisnis ke model bisnis lain. Mereka mencoba AdSense setelah melihat si
Shoemoney menunjukkan cek AdSense dari Google US$ 500.000, lalu berubah mencoba
menghasilkan uang dari blogging setelah melihat pendapatan John Chow yang mengh
asilkan lebih dari US$ 30.000 per bulan, lalu mereka berpindah melakukan PPC
(Pay Per Click)
Marketing setelah melihat Amit Mehta menghasilkan lebih dari
US$ 100.000 per bulan dengan menggun akan Google Adwords
Setelah itu mereka berpindah lagi mencoba membuat Membership
Site setelah melihat seseorang bisa mengh asilkan pasif inco me lebih dari US$
50.000 per bulan. Lalu perhatian mereka berpindah ke seseorang yan g berhasil
menghasilkan lebih dari US$ 2000 per hari, Anda tidak salah baca, itu per hari,
bukan per bulan sehingga menghasilkan hampir US$ 1 juta dollar (Rp 9 Milyar)dalam
15 bulan dengan list building/membangun list
Trus mereka berpindah lagi mencoba menjual ebook/produk
informasi setelah melihat seseorang dari Warrior Forum bisa menghasilkan US$
2000 per minggu dari menjual pro duk informasi yang tidak dibuatnya sendiri.
Wah tidak perlu membuat produk sendiri bisa menghasilkan uang seperti itu? Luar
biasa bukan!
Cerita kesuksesan seperti ini tidak ada habisnya di
internet. Itu menunjukkan bukti bahwa memang orang bisa menghasilkan uang
begitu banyak dari bisnis di internet. Tetapi memilih model bisnis hanya berdasarkan mana yang bisa
menghasilkan uang paling banyak dalam tempo sesingkat-singkatnya adalah cara
yan g keliru dalam memilih bisnis
Bayangkan di bisnis konvensional, misalkan ada seseorang
yang baru mau memulai membuat pabrik. Ini akan menjadi pabrik pertamanya. Mau
buat pabrik apa? Pilihannya banyak, buat pabrik sepatu atau pabrik
garmen/pakaian atau pabrik plastik atau pabrik produk elektronik atau pabrik
furniture atau pabrik keramik atau pabrik baja atau pabrik semen atau pabrik
mainan anak-anak atau lainnya. Daftar ini tidak terbatas panjangnya
Menurut Anda, apakah oran
g tersebut akan memilih membuat pabrik apa berdasarkan mana yang paling mudah
menghasilkan uan g palin g banyak atau berdasarkan kriteria lain? Coba pikir
baik-baik. Saya yakin orang tersebut akan memilih membuat pabrik apa yang mau
dibuat selain berdasarkan faktor prospek bisnis, juga mempertimbangkan fak tor
minat atau pen getahuan atau pengalaman yang dimilikinya. Atau kalau tidak, ada
oran g yang dia
kenal yang mengetahui seluk beluk pabrik yang mau dibuat. Faktor terakhir
inilah yang akan memperbesar kemungkinannya untuk berhasil
Demikian juga haln ya dalam memilih model bisnis di
internet, kita perlu
memilih model bisnis yang mempunyai prospek bagus, tetapi yang lebih penting
adalah memilih bisnis internet yang sesuai dengan minat atau pengetahuan atau
pengalaman Anda. Inilah cara yang benar dalam memilih bisnis di internet.
Faktor terakhir ini selain sangat pentin g d alam memilih model bisnis, juga
penting dalam memilih niche/ceruk pasar ataupun memilih produk/jasa yan g mau
Anda pasarkan.
Setiap pribadi adalah unik sehingga cara setiap orang
mencapai kesuksesan juga unik. Si A bisa mengh asilkan ratusan juta den gan
model bisnis yang dia lakukan, tetapi tidak berarti Anda pasti juga cocok
dengan cara tersebut. Sebaliknya bila si A gagal dalam membangun bisnis dengan
cara X, tidak berarti Anda juga pasti akan gagal dalam membangun dengan cara X.
Itu sebabnya saya memberi judul materi hari kedua ini adalah Memilih Model
Bisnis yang Terbaik Buat Anda. Yang terbaik buat si A, tidak berarti terbaik buat Anda. Yang terbaik
buat Anda belum tentu terbaik bagi semua orang. Setiap orang harus mencari yang
terbaik bagi dirinya. Jadi ini bukanlah tentang menemukan model bisnis yang
terbaik tetapi menemukan model bisnis terbaik bagi Anda
Kesimpulan ini saya dapat setelah menjalani proses coba-coba
yang saya lakukan hingga menemukan model bisnis yang cocok dengan saya serta
setelah melihat banyak top internet entrepreneur yang sukses. Cara mereka atau
model bisnis yan g mereka lakukan sangat beragam. Jadi memang setiap orang
harus mencari yang terbaik bagi dirinya
Untuk dapat memilih model bisnis yang terbaik b uat Anda,
Anda tentu harus tahu pilihan yang ada apa saja. Itu sebabnya di materi
e-course hari kedua ini, saya akan menjelaskan berbagai model bisnis yang populer
di internet. Saat Anda baca satu per satu, Anda merenung apakah Anda cocok atau
tidak dengan model bisnis tersebut. Apakah Anda memiliki kekuatan dan minat
untuk terjun ke model bisnis tersebut. Misalkan model bisnis tersebut butuh
sering menulis (seperti blogging atau membuat ebook), apakah Anda suka menulis
dan membaca? Kalau Anda sama sekali tidak suka menulis, akan sulit bagi Anda
untuk memilih model bisnis tersebut. Kecu ali Anda mempun yai modal untuk membayar
orang lain yang pintar menulis untuk melakukannya
Informasi seperti ini tidak pernah saya dapatkan sewaktu
saya mulai berbisnis di internet. Sehingga saya cukup banyak menghabiskan waktu
untuk mencoba-coba model bisnis yang ada. Saya menyampaikan informasi penting
ini kepada Anda, agar Anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama seperti
yang dilakukan saya dan banyak orang lainnya. Ketahui kekuatan dan kelemahan
Anda dan carilah model bisnis yang cocok dengan kekuatan Anda
Setelah mengetahui beberapa model bisnis yang populer, Anda
d apat melakukan riset dan explore model bisnis lain di internet. Ada begitu banyak model
bisnis di internet sehingga hampir tidak mungkin menjelaskan semuanya di materi
e-course ini.
Untuk menemukan yang terbaik buat Anda, Anda akan perlu
mencoba melakukan beberapa model bisnis, baru akhirnya dapat menentukan mana
yang terbaik buat Anda. Tetapi paling tidak dengan mengenal kekuatan dan
kelemahan diri Anda, serta aktifitas yang dilakukan di setiap model bisnis,
Anda sudah bisa mem-filter atau menyaring model bisnis yang
tidak cocok dengan Anda sejak awal. Anda tidak sampai membuang waktu dan energi
untuk belajar dan melaku kan
model bisnis yang tidak cocok dengan Anda sejak awal
Sebelum saya menjelaskan berbagai model-model bisnis yang
populer di internet, ada baiknya Anda mengetahui kategori besar dari model
bisnis yang ada di internet terlebih dahulu.
E-Course Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 Hari Hak Cipta © 2008 oleh BelajarBisnisInternet.com Halaman 6
Selanjutnya Lima Kategori Model Bisnis di Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar